Permainan Pramuka

PERMAINAN PRAMUKA

1). Plag War
Sasaran : Perkenalan melalui permainan
Meningkatkan kepercayaan diri
Pembinaan kesatuan kelompok

Inti

Briefing : Peserta kumpul setengah lingkaran :
- Peserta diminta membentuk kelompok sejumlah 10 orang, diserta salah satu lagu wajib
- Masing-masing kelompok memilih seorang perwakilan (menjadi ketua kelompok) yang diberi tugas  untuk membuat bendera kelompok dengan memilih nama-nama hewan yang perkasa (Harimau, Singa, Serigala, dll) kemudian dituangkan dalam bentuk lukisan pada bendera yang tersedia.
- Setelah lukisan selesai masing-masing kelompok mempresentasikan lambang-lambang keperkasaan bendera tersebut
- Masing-masing kelompok harus mempertehankan lambang-lambang keperkasaannya dari serangan (ejekan) kelompok lain
- Setelah presentasi masing-masing kelompok membuat yel-yel yang seirama dengan lambang keperkasaannya.

Debrief : Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
Manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…….. (sumber Pusdiklatnas)

2). Goa Gelap (The Dark Cave)

Sasaran : Melatih ketelitian dan kepekaan
Menentukan sumber informasi yang akurat
Kerjasama
Saling menghargai

Breafing :
- Saudara dipersilahkan memilih teman (pasangan baru) dalam kelompok ini.
- Semua pasangan baru anda dalam keadaan mata tertutup (ditutup scaft/ syal/ kacu)
- Didepan saudara nampak semak belukar yang harus saudara lalui, dan diantara semak-semak tersebut terdapat ranjau-ranjau yang tidak boleh saudara injak, siapapun yang menginjak berarti terkena ranjau sehingga saudara dikenakan diskualifikasi yakni mengulang dari awal kembali.
- Saudara memandu teman baru anda yang matanya terutup,diujung tempat start.
- Pasangan anda diminta melewati semak belukar yang ada di depan anda dengan panduan yang anda berikan.
- Setelah mencapai finish, maka pemandu menjadi si pelaku yang matanya tertutup.

Debrief : Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
Apakah saudara benar-benar mengenal suara sahabat (pasangan saudara)?
Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
Apa saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…….. (sumber Pusdiklatnas)

3). Rawa Beracun (The Poisinous Swamp)

Sasaran : Team work/kerjasama
Melatih pengendalian diri
Kepemimpinan

Briefing :
- Di depan saudara terbentang rawa yang penuh racun.
- Tugas saudara melewati rawa dengan alat berupa 4 balok atau ban mobil bekas
- Saudara tidak boleh keluar dari balok-balok tersebut, kalau saudara keluar Saudara di kenakan sangsi atau didiskulifikasi dan saudara harus mengulang  kembali, dari tempat start.
- Diskusikan pada seluruh anggota team anda jalan terbaik agar tidak terkena diskualifikasi.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Apa yang anda tertawakan? kekurangan diri sendiri ?
- Apa yang bisa dibanggakan? keberhasilan sendiri atau keberhasilan kelompok ?
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba……. (sumber Pusdiklatnas)

4). Traffic Jam

Sasaran : Melatih mentaati aturan yang telah disepakati
Kerjasama/ team work
Melatih ketelitian
Mengevaluasi sifat peserta (sifat ego, senang ikut campur urusan orang, tidak taat aturan, selalu ingin mencari jalan pintas, biang kerok).

Breafing :
- Kelompo dibagi 2 bagian, dan salah seorang dari kelompok tersebut bertindak sebagai komandan (ada dua kelompok ada dua komandan).
- Di hadapan saudara ada dua buah jalur berbentuk kotak-kotak seperti dua tangga yang ditidurkan.Tugas kelompok adalah melewati dua jalur petak-petak tersebut.
- Syaratnya masing-masing jalur tidak boleh ditempati sejajar. & tidak diperkenankan menempati kota yang disebelahnya yang sudah terisi) kecuali di tempat persinggahan.
- Diskusikan dalam kelompok saudara dan pikirkan dengn seksama agar tugas dapat berjalan dengan lancar.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Diskusikan dalam kelompok manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.
- Siapa diantara teman saudara yang anda anggap paling menyebalkan dalam melakukan permainan ini.
- Siapa diantara teman saudara yang anda anggap paling berjasa dalam menyukseskan permainan ini.
Selamat mencoba ….. (sumber Pusdiklatnas)

5). Spider Web

Sasaran :
Team Building
Melatih kepemimpinan (bisa diatur, dan bisa mengatur)
Melatih management sumber daya
Melatih menentukan strategi yang paling tepat melalui kondisi dan situasi yang ada

Breafing :
- Di depan kita ada sebuah jaring laba-laba raksasa. Tugas kelompok saudara adalah memasukkan semua anggota regu saudara ke dalam jaring tersebut.
- (perlu diingat) masing-masing tali laba-laba tersebut beracun sehingga tidak boleh tersentuh.
- Satu lubang hanya boleh dilewati oleh satu orang dan orang berikutnya harus menggunakan lubang lainnya.
- Diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan terbaik agar tidak terkena diskualifikasi.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Faktor apa yang menyebabkan anda berhasil dalam permainan ini.
- Faktor apa yang memungkinkan anda gagal dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…. (sumber Pusdiklatnas)

6). Memindahkan Bendera

Sasaran :
Team Work
Terbentuknya rasa senasib seperjuangan
Pemecahan masalah
Komitmen terhadap aturan yang ditetapkan

Breafing :
- Team saudara terjebak dalam suatu masalah besar karena team saudaratidak bisa lewat, kalau team anda tidak dapat membuka kunci pintu dengan cara memindahkan bendera.
- Untuk pekerjaan tersebut saudara disediakan satu tiang (bambu/ kayu) bendera dan satu tongkat dari bambu.
- Team saudara dipersilahkan mengangkat bendera dan mendirikannya di atas bambu seterusnya memasukkannya ke dalam lobang kunci.
- Sekarang team anda diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan terbaik agar tidak terkena diskualifikasi.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Kesulitan apa yang terjadi dengan team anda.
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba…… (sumber Pusdiklatnas)

7). The Punture Pipe (Pipa Bocor)

Sasaran :
Kesetiakawanan sosial
Kerjasama
Kecepatan bergerak
Mematuhi perintah
Pemecahan masalah

Breafing :
- Pasukan/regu saudara dihadapkan suatu masalah, karena anda harus mengambil sebuah mustika,tetapi mustika tersebut berada di dalam sebuag tabung, dan saudara harus dapat mengeluarkan mustika tersebut.
- Saudara dibantu dengan air yang sangat terbatas, untuk mengeluarkan mustika tersebut dari dalam tabung.
- Tetapi masalahnya pipa tersebut penuh dengan lubang-lubang,oleh karena itu tim saudara kalau mau sukses harus diatur sedemikian rupa sehingga bisa menutup semua lubang.
- Sekarang tim saudara diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan terbaik agar team anda mendapatkan mustika yang ada dalam pipa tersebut.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Apakah anda harus basah untuk melakukan permainan ini?
- Bagaimana caranya supaya air yang disediakan cukup buat team anda?
- Manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba….. (sumber  Pusdiklatnas)

8). Hole In One

Pengantar :
- Bermain dengan formasi lingkaran, bergandeng tangan dengan erat dan tiap anggota diberi nomor ganjil dan genap.
- Proses permainan dimulai dengan panggilan Gepan dan Ganjil menjatuhkan diri ke depan bertumpu pada ujung jari kaki dan  kelompok Genap kebelakang bertumpu pada tumit.
- Sebaliknya bila fasilitator mengatakan Genap maka kelompok Genap  menjatuhkan diri ke depan bertumpu pada ujung jari kaki dan kelompok Ganjil mencondongkan diri ke belakang bertumpu pada tumit.

Breafing :
- Dihadapan saudara ada Ban yang tergantung, kuranblebih setinggi bahu orang dewasa.
- Tugas kelompok saudara adalah melewati lobang tersebut dengan tidak menyentuh ban, kecuali pemain yang pertama dan yang terakhir.
- Diskusikan dalam kelompok saudara agar semua anggota kelompok  saudara selamat sehingga dapat melewati ban-ban tersebut    dengan baik.
- Dalam melakukan tugas semua anggota kelompok harus memperhatikan faktor keamanan.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Siapa diantara saudara yang badannya tersentuh ban ? kenapa ?
- Siapa yang lolos tanpa mengulang.
- Manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.
Selamat mencoba…. (sumber Pusdiklatnas)

9). Pindahan Kelereng

Sasaran :
- Melatih kejelian/ketepatan dalam menentukan cara menggerakan tugas.
- Melatih menciptakan pola-pola baru, tidak terpaku pola/cara yang sudah ada.
- Melatih mengambil keputusan yang paling tepat.

Inti

Breafing :
- Dihadapan saudara-saudara ada kelerang yang jumlahnya cukup banyak, tugas saudara-saudara adalah memindahkan kelereng       tersebut ke tempat  yang tersedia dengan tidak boleh menggunakan tangan ataupun menyentuhnya.
Alat yang tersedia bebas digunakan. Alat yang ada di sutu sifatnya situasional.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melaksanakan permainan ini.
- Apa yang anda pikirkan untuk memindahkan kelereng tersebut? apakah sendok seperti ketika anda di SD?
- Apa yang anda temukan dalam permainan ini.
- Manfaat apa yang dapat anda ambil pada permainan ini.
Selamat mencoba… (sumber Pusdiklatnas)

10). Memasukkan Pencil Ke Dalam Botol

Sasaran:
Pemecahan masalah
Berani mencoba berbagai cara
Melatih kesabaran dan tahan uji
Menghargai dan berani mencoba pendapat orang lain walau ia dipandang rendah atau dianggap paling bodoh

Breafing :
- Dihadapan saudara-saudara ada satu buah pencil,satu buah botol (dalam keadaan kosong dan dalam posisi roboh) dan dua tali rafia, kesemuannya berada dalam suatu kotak berukuran 4 meter persegi
- Tugas saudara kelompok adalah memasukkan pencil ke dalam botol dengan tali rafia yang dipegang dari ujung-ujungnya, sehingga pencil berada di dalam botol, dan sang botol berada pada posisi berdiri.

Debrief :
- Apakah yang paling sulit dalam permainan ini?
- Bagaimana anda mengatasi kesulitan ini?
- Apa yang saudara-saudara rasakan setelah melakukan permainan ini?
- Diskusikan dalam kelompok,manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.

11). Oper Bola

Sasaran :
Melatih ketangkasan
Olahraga gembira
Melatih kepekaan (melempar ke belakang tanpa tanpa melihat tapi harus bisa ditangkap olah temannya)
Melatih kerjasama

Briefing :
- Formasi barisan berbanjar ke belakang. Hadap kanan. Rentangkan tangan, tidak boleh saling menyentuh. Hadap kiri. Permainan dimulai.
- Fasilitator menyerahkan bola kepada peserta yang paling depan.
- Keranjang diserahkan kepada peserta nomor dua dari depan.
- Bola dilemparkan ke belakang dengan tidak menengok dan di tangkap oleh si pembawa keranjang.
- Peserta yang telah melempar bola pindah posisi ke barisan yang paling belakang.
- Penangkap bola, menyerahkan keranjangnya kepada peserta yang dibelakangnya-kemudian bola dilempar ke belakang seperti peserta sebelumnya-kemudian dia pindah ke belakang, begitu seterusnya, sampai seluruh peserta mendapat giliran.

Debrief :
- Apakah yang paling sulit dalam permainan ini?
- Bagaimana anda mengatasi kesulitan ini?
- Apa yang saudara-saudara rasakan setelah melakukan permainan ini?
- Diskusikan dalam kelompok, manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.

12). Menembak Bola

Sasaran :
Melatih diri untk mengubah kebiasaan (menggunakan tangan kiri)
Mentaati aturan
Menyadari bahwa kemajuan itu diperoleh dengan cara mengubah kebiasaan

Pengantar :
Menggambar panorama dengan tangan kiri, dengan fokus bungkus korek api.

Briefing :
- Dihadapan saudara-saudara ada terowongan
- Anda harus melewati terowongan tersebut dengan merangkak sampai ke luar terowongan dan dalam posisi tiarap.
- Pada posisi tersebut saudara-saudara harus menembak bola besar yang tergantung di depan saudara dengan menggunakan tangan kiri.
- Tiap anggota diberii kesempatan 3 kali melempar
- Lakukan dengan fokus dan percaya diri agar dapat menembak dengan tepat.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Siapa diantara saudara yang tiga kali melempar ternyata tidak mengenai sasaran?
- Sulitkah anda mengubah kebiasaan anda?
- Diskusikan dalam kelompok manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.
Selamat mencoba….(sumber Pusdiklatnas)

13). Terompah Panjang

Sasaran :
Membina kerjasama tim
Penyesuaian diri dengan kelompok/ latihan beradaptasi
Latihan bertanggungjawab (karena kalu ada yang jatuh satu semuanya jatuh)

Breafing :
- Peserta menyebrangi tujuan dengan kendaraan trompah panjang
- Jarak penyembrangan ditentukan sesuai kebutuhan
- Seluruh anggota tema naik di atas trompah tersebut, dipimpin oleh ketua tim
- Ketua tim berada di depan sambil memberi aba-aba, sedangkan wakilnya di belakang membantu memberikan semangat dan keseimbangan
- Lakukan pengayuhan secara seksama sampai finish

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan permainan ini
- Siapa diantara saudara yang sempat terjatuh
- Apakah anda biasa sama-sama kerja, atau biasa kerja sama? Sulitkah anda bekerjasama itu, apa syarat kerjasama yang baik?
- Diskusikan dalam kelompok manfaat apa yang dapat diambil dari permainan ini.
Selamat mencoba…..(sumber Pusdiklatnas)

14). Trangle Rope War (perang Tali Segi Tiga)

Sasaran :
Melatih keseimbangan beregu
Mencari titik tumpu yang paling tepat
Melatih kerjasama
Memperkuat komitmen

Breafing :
- Anda disediakan tambang besar yang telah diikat menjadi sebuah lingkaran
- Selanjutnya lingkatran tersebut dibuat menjadi segitiga sama sisi
- Tiap ujung sisi tali hanya spanjang 20 cm, ditandai dengan kain, dipegang oleh 3 orang (jadi semua 9 orang memegang 3 sisi lain)
- Regu yang menarik 3 langkah tetapi keluar dari sudut pertama tidak dianggap sebagai pemenang.

Debrief :
- Apa yang anda sukai dalam permainan ini?
- Apa yang paling tidak anda sukai dalam permainan ini?
- Apakah aturan permainan ini harus diubah? Kalau diubah bagaimana seharusnya.
- Apa manfaat permainan ini menurut anda?
Selamat mencoba… (sumber Pusdiklatnas)

16). Meniti Jaring

Sasaran :
Melatih keseimbangan
Melatih keberanian
Melatih membuat strategi
Melatih ketangkasan/ otot fisik

Breafing :
- Di depan anda terbentang jaring setinggi lebih kurang 4,5 meter
- Anda semua diminta meniti jaring sampai ke puncak, dan turun melewati sisi lainnya
- Satu sisi jaring hanya boleh dinaiki satu orang
- Regu yang tercepat waktunya adalah regu pemenang

Deriafing :
- Apa yang anda rasakan ketika anda dapat meniti jaring tersebut pada usi seperi anda?
- Apa manfaat perminan ini?
- Apakah anda memiliki ide lain untuk mengganti aturan dalam permainan ini, tetapi tetap mengandung pendidikan?
Selamat mencoba…. (sumber Pusdiklatnas)

17). The Mad Pipe (Pipa Gila)

Sasaran :
Melatih ketelitian dan kesabaran
Melatih kerjasama dan kehati-hatian dalam bekerja
Melatih mendengarkan saran orang lain
Belajar untuk diam tidak perlu memberi saran

Breafing :
- Saudara-saudara dibebani tugas yang cukup berat dengan dibekali alat bantu untuk menyempaikan benda kiriman yang sangat mudah rusak (hulu ledak/sebuah bom), jika saudara salah menempatkan benda tersebut ke dalam lubang yang salah sebelum sampai ke tujuan, saudara akan di diskualifikasi.
- Ingat di dalam tugas ini tali sebagai alat bantu, anda yang banyak menolong anda menyelesaikan tugas ini.
- Untuk kelancaran tugas silahkan saudara berdiskusi dengan teman-teman agar tidak terkena diskualifikasi.

Debriefing :
- Apa yang sauara rasakan setelah melakukan permainan ini.
- Apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan ketelitian secara beregu?
- Bagaimana kalau hal tersebut pada kondisi yang sesungguhnya, dan benda berbahaya tersebut tiba-tiba meledak?
- Coba saudara diskusikan manfat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini
- Apa yang dapat saudara kembangkan (modifikasi) dari permainan ini.
Selamat mencoba….. (sumber Pusdiklatnas)

18). Talang Panjang (The Cutting Pipe)

Sasaran :
Kerjasama kelompok
Tanggungjawab
Mengikuti kesepakatan
Melatih membuat strategi/ perencanaan spontanitas

Pengantar :
Yel dan Lagu, secara serentak bergantian setiap kelompok mengucapkan Yel dan lagu pilihan/ lagu wajib, agar tetap bersemangat

Breafing :
Kelompok diminta maju ke depan,berdiri membentuk setengah lingkaran.
- Dipancing dengan kata-kata “tetap semangat”, agar dijawab serentak “semangat” atau “siap”.
- Dilanjutkan dengan kata-kata : perjalanan saudara masih jauh, namun kami yakin kelompok ini akan tetap kokoh, semangat dan solid menghadapi tantangan ke depan.
- Setelah melewati gunung, lembah dan sawah, anda tetap diminta kepeduliannya terhadap nasib petani saat ini sedang mengalami kekeringan.
- Oleh karena itu anda harus menciptakan teknologi baru pengairan melalui kerjasama kelompok
- Kelompok ini siap membantu petani dengan mengalirkan air dari gunung melewati talang panjang yang akan saudara lakukan
- Air disimulasikan dengan bola. peralatan adalah potongan pipa yang dibelah tengah, karton, atau alat lain yang bisa dipergunakan untu lewat aliran air (bola)
- Cara memainkannya melalui kerjasama berantai sehingga bola dapat bergulir dari tempat start sampai finish, bila sampai bola jatuh,dikenakan diskualifikasi dan harus mengulangi lagi dari awal.

Debrief :
- Apa saudara rasakan setelah melakukan permainan ini?
- Siapa diantara anda yang menjatuhkan bola?
- Bagaimana kalau permainan tersebut dipercepat, dengan setengah waktu yang anda pergunakan tadi? Apakah anda sanggup mengulanginya lagi?
- Coba saudara diskusikan manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Termotivasikah saudara untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang lain setiap saat walaupun   hanya hal-hal kecil.
Selamat mencoba…..(sumber Pusdiklatnas)

19). Perang Gajah

Sasaran :
Memahami dan meghayati perlunya sifat jujur
Menerapkan dalam kehidupan di masyarakat
Melatih membuat strategi

Breafing :
Pertama pasukan natau regu dibagi menjadi dua.Misalkanya team “Hijau Daun” dan team “Biru Langit”, tiap regu terdiri dari 4 orang, (3 orang menjadi gajah) dengan cara :
- Dua orang di depan, satu orang meletakkan tangannya di bahu orang yang di depan sebagai tempat duduk.
- Tangan satunya memegang dengan kuat pangkal lengan orang yang didepan, sehingga dapat dijadikan tempat duduk. Untuk menjadi pijakan orang yang naik gajah.
- Satu orang menjadi tentara penunggang gajah.

Cara bermain :
- Setangan leher (scarft) dibelitkan di leher si penunggang tanpa ring dan tidak diikat atau diberi ring scraft
- Dengan aba-aba peluit kedua pasukan gajah saling menyerang, dengan merebut setangan leher lawan.
- Prajurit mengendalikan gajahnya untuk mendekati gajah yang lain dan merebut setangan leher dari prajurit lawannya dan tetap mempertahankan setangan lehernya sendiri. Dalam mempertahankan setangan lehernya, tidak boleh mempergunakan tangan (hanya dengan mengelak).
- Yang dapat merebut setangan leher lawan, dia menjadi pemenang dan yang kalah keluar dari permainan. Si pemenang dapat terusbermain dan merebut setangan keher dari lawan yang lain.
- Sang gajah juga harus kompak melindungi prajuritnya.

Debrief :
Setelah permainan selesai seluruh peserta berkumpul dalam lingkaran, kepada para peserta ditanyakan:
- Apakah anda senang dengan permainan ini.
- Siapa yang berhasil merebut setangan leher.
- Siapa yang setangan lehernya kena rebut.
- Apakah peserta berusaha mempertahankan setangan lehernya dan berusaha merebut atau mempertahankan setangan leher lawan dengan cara yang benar sesuai dengan aturan permainan?
- Berikan kesempatan kepada pserta untk mengemukakan pendapatnya mengenai kecurangan lawan, termasuk kecurangan dirinya dalam mempertahankan haknya (pengakuan merebut atau direbut).

Pelengkap :
Peserta dalam permainan ini cukup lelah, maka babak pelengkapnya diisi cerita atau bernyanyi bersama.
Selamat mencoba…. (sumber Pusdiklatnas)

20). Tali si Buta (The Blind Rope)

Sasaran :
Melatih kepekaan
Melatih kesetiakawanan (tidak menurut maunya sendiri)
Melatih indera “rasa” dan “suara”

Breafing :
- Didepan anda ada tambang besar, panjanganya sekitar 25 meter.
- Tolong semua peserta berpegang pada tambang tersebut.
- Kemudian tutuplah mata anda dengan scraft yang tersedia.
- Dengan mata tertutup dan tali yang menjadikan saudara bersatu dalam satu kekuatan adalah alat yang akan membuat saudara percaya penuh dan berkonsentrasi pada alat pendengaran anda akan apa yang diperintahkan.
- Sekarang saatnya anda membuat segi empat bujur sangkar dari tambang yang anda pegang tersebut, tanpa melepas tutup mata, anda boleh bergeser dari pegangan tali anda, dan boleh bergerak kemana anda mau.
- Saudara diberi kesempatan untuk mendiskusikan jalan yang terbaik, agar semua berjalan lancar.
- Setelah anda merasa berhasil membuat segi empat coba bukalah tutup mata anda.
- Ternyata anda tidak membuat segi empat tapi anda membuat leher angsa?
- Coba tutup kembali mata anda, bagi tugas dan ulangi, membuat segi empat.
- Tugas berikutnya adalah lebih sulit coba buatlah segi lima ..dst.

Debrief :
- Apa yang saudara rasakan setelah melakukan perminan ini.
- Siapa diantara anda berjalan semaunya sendiri.
- Bagaimana kalau permainan tersebut dipercepat, dengan setengah waktu yang anda pergunakan tadi? Apakah anda sanggup mengulanginya lagi?
- Manfaat apa yang saudara peroleh dalam permainan ini.
- Termotivasikah anda untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang lain setiap saat walaupun hanya hal-hal kecil.
Selamat mencoba… (sumber Pusdiklatnas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>