Menpora RI Resmikan Revitalisasi Bumi Perkemahan Kwarda Jabar

Menindaklanjuti revitalisasi Gerakan Pramuka yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini melalui Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Ka Mabinas) Gerakan Pramuka sejak 2006 lalu. Gerakan Pramuka mulai dari tingkat nasional maupun daerah terus berupaya meningkatkan kualitas kegiatan kepramukaan, sumber daya anggota pramuka, termasuk meningkatkan kapasitas dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, salah satunya berupa Bumi perkemahan. “Penyediaan lahan bumi perkemahan sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan pembinaan kepramukaan, semoga buper ini dapat digunakan semaksimal mungkin oleh adik-adik pramuka,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Roy Suryo dalam sambutan singkatnya pada upacara Peresmian Pembangunan Program Revitalisasi Bumi Perkemahan Letjen TNI (Purn). DR. (HC) H. Mashudi Jatinangor, di Bumi Perkemahan (Buper) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Rabu (12/6/2013). Hadir dalam upacara peresmian ini, Ka Kwarda Jabar Yusuf Macan Efendi (Dede Yusuf), Wakil Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pramuka Peduli dan Penanggulangan Bencana Marshal TNI Eris Hariyanto, dan sejumlah undangan lainnya. Menurut Kak Roy, sesuai dengan nama Buper ini, Mashudi sebagai tokoh Gerakan Pramuka Nasional dan Jawa Barat mempunyai semangat juang untuk terus memajukan kegiatan kepramukaan di tanah air, karena itu, adik-adik pramuka saat ini dapat mengambil contoh dan teladan dari semangat Kak Mashudi.” Mari kita teruskan dan laksanakan semangat Kak Mashudi dalam membangun kualitas kepramukaan di tanah air,” lanjut Kak Roy.
Pembangunan Bumi Perkemahan Kwarda Jabar yang mempunyai luas keseluruhan sekitar 66 hektar tersebut merupakan pembangunan revitalisasi tahap pertama dan proses pembangunannya telah dimulai sejak 2010 lalu.” Bumi perkemahan ini merupakan aset Pemda Jawa Barat yang dipinjam pakaikan kepada Kwarda Jabar untuk dikelola dalam kegiatan kepramukaan, sebagai pengelola buper saat ini kami terus berupaya merevitalisasi berbagai fasilitas yang dibutuhkan terutama fasilitas air bersih, untuk itu kamipun saat ini masih perlu dukungan dari pemerintah pusat mengenai sarana buper yang lebih representatif di tahap berikutnya, “ harap Kak Dede yang juga menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat.
Selain itu, Kak Eris Hariyanto dalam sambutannya menyatakan revitalisasi Buper ini merupakan titik tolak keberhasilan pembinaan anggota pramuka di tiap daerah.” Sejalan dengan bergulirnya revitalisasi Gerakan Pramuka, kini Kwarda Jabar telah memiliki Buper untuk membina para anggota pramukanya, dan ini merupakan titik tolak keberhasilan pembinaan kepramukaan di Jawa Barat,” ujar Kak Eris mewakili Ka Kwarnas. Selanjutnya di tempat yang sama, dilakukan penandatanganan prasasti pembangunan revitalisasi Buper Kwarda Jabar oleh Menpora Roy Suryo, peninjauang sebagian area Buper, dan peresmian Bale Pertemuan Graha Kujang Kwarda Jabar. (TP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>