Gerakan Pramuka Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Krida Nusantara : Bekali Siswa Dengan Pengetahuan, Keterampilan, dan Jiwa Kepramukaan

Sejak diprogramkannya kegiatan ekstakulikuler Pramuka tahun 2001 dan program Pramuka Garuda tahun 2006 lalu, SDT Krida Nusantara, terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswanya melalui Pramuka Garuda. Bertepatan dengan peringatan Hari Bapak Kepanduan se-Dunia, Lord Baden Powell ke-156, Tingkat Kota Bandung yang dilaksanakan pada 22 Februari 2013 lalu. Sejumlah anggota pramuka golongan Siaga dan Penggalang dari beberapa sekolah di Kota Bandung secara resmi dilantik sebagai Pramuka Siaga Garuda dan Penggalang Garuda Kota Bandung Tahun 2013. Prosesi pengalungan medali Pramuka Garuda tersebut dilaksanakan dalam sebuah upacara di Sekretariat Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung, Jalan LL. RE. Martadinata 157 Bandung, dengan dipimpin langsung Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung, Dr. H. Edi Siswadi, M.Si. serta dihadiri sejumlah perwakilan pengurus dan anggota pramuka dari 30 Kwartir Ranting (Kecamatan) se-Kota Bandung.
Diantara para anggota pramuka garuda ini, beberapa orang diantaranya berasal dari Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Krida Nusantara. “Pramuka tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan rutin di sekolah, tapi yang kita inginkan, para siswa ini, mempunyai bekal ilmu pengetahuan, keterampilan, dan jiwa sebagai seorang anggota pramuka yang sesungguhnya,“ ujar Yadi Kusmayadi, S.Pd., selaku Kepala SDT Krida Nusantara kepada TP saat ditemui di ruang kerjanya, di Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Krida Nusantara, Jalan Desa Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, belum lama ini. Diakui kak Yadi, SDT Krida Nusantara selalu ingin melahirkan Pramuka Garuda sebanyak-banyaknya.” Kami ingin setiap tahun di sekolah kami, dapat melahirkan pramuka garuda sebanyak-banyaknya, artinya, bukan hanya sekedar nama dan jumlahnya saja, melainkan betul-betul menjadi seorang pramuka garuda yang berkualitas,” ujar kak Yadi.
Selain Pramuka, SDT Krida Nusantara mempunyai kegiatan ekstrakulikuler lainnya, seperti: Drum Band, Futsal, Tari, Menggambar, Badminton, English Club, Sience Club, Sanggar Sastra, Kabaret, dan Al-Qur’an Club.” Eskul yang wajib diikuti siswa disini, ialah pramuka dan drum band. Untuk drum band, baru bisa diikuti siswa mulai dari kelas empat, lima, dan enam, ada lagi kegiatan menggambar, futsal, badminton, sience club, english club, sanggar sastra, kabaret, dan al-qur’an club. Dalam sanggar sastra, para siswa-siswi disini, didorong mampu membuat beragam karya sastra, seperti salah satu contohnya, yang pernah kami lakukan dalam rangka turut membantu korban bencana alam gempa dan tsunami beberapa waktu lalu, dengan mengumpulkan sejumlah karya sastra dari para siswa, kemudian dijadikan sebuah buku yang selanjutnya kami jual kepada para orang tua siswa dan hasilnya langsung kami sumbangkan kepada yang membutuhkan,” terang kak Yadi.
Setiap tahun, tepatnya di bulan Maret, SDT Krida Nusantara rutin menggelar kegiatan kreatifitas siswa, diantaranya: lomba antar TK (Taman Kanak-kanak), Kejuaraan Sepak Bola, lomba ketangkasan siswa, lomba Al-Qur’an, Seminar Guru, Try Out Gratis, dan beberapa kegiatan lainnya.
Ditanya mengenai penilaian Adiwiyata tingkat Kota Bandung 2013, saat ini berbagai persiapan sedang dilakukan. “Penilaian Adiwiyata itu, lebih menitik beratkan pada bagaimana bentuk partisipasi seluruh warga sekolah terhadap kepedulian lingkungan, baik lingkungan di dalam sekolah maupun lingkungan di sekitar sekolah, dan kali ini, kita juga akan melibatkan para anggota pramuka siaga garuda, dengan cara, setiap anggota siaga garuda harus bisa menerangkan tentang kebersihan lingkungan, biopori, kompos, dan lain sebagainya kepada minimal lima orang teman mereka lainnya,” jelas kak Yadi. Tidak hanya dalam penilaian Adiwiyata, siswa-siswi SDT Krida Nusantara pada 2013 ini, berkesempatan pula mewakili Kecamatan Cibiru dalam lomba Seni Siswa Tingkat Nasional 2013, yang dilaksanakan di Kota Bandung mulai 13-14 Maret 2013 dan Lomba Pasanggiri Sajak Bahasa Sunda, Menulis, dan Baca Aksara Sunda Tingkat Kota Bandung, pada 27-28 Maret 2013. Sebelumnya di tahun 2012, siswa-siswi SDT Krida Nusantara berhasil pula menjadi juara umum dalam ajang lomba Drum Band Tingkat Nasional, meliputi katagori display divisi junior dan menjadi juara satu katagori street parade divisi junior yang dilaksanakan pada 13 hingga 14 Oktober 2012, di GOR Padjadjaran Bandung. Kemudian menjadi juara pertama bidang matematika dalam lomba Matematika-IPA (MIPA) se-Bandung Raya.” Belum lama ini, sekolah kita juga sempat meraih juara harapan satu dalam lomba Bandung Green School, menurut kami itu wajar, karena persiapannya masih kurang dan baru di tahun ini kita mengikutinya, tapi dari pihak BPLH Kota Bandung dan BPPT, kita dimotivasi untuk mengikuti lomba Adiwiyata tingkat nasional dan sekarang sedang dalam persiapan,” ujar Kak Yadi yang kedepan berencana akan menampilkan ekskulikuler kabaret di hadapan Kepala BPLH Kota Bandung.” Kita juga mempunyai ekskul tari dan belum lama ini sempat tampil di hadapan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Ibu Netty Heryawan (Istri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan), dan tamu dari SD Philipina saat mereka mengadakan kunjungan studi banding ke SDT Krida Nusantara,” lanjut Kak Yadi yang kedepannya menginginkan agar tidak hanya pramuka garuda yang menjadi contoh bagi teman-temannya, tapi setiap guru di lingkungan SDT Krida Nusantara dapat pula menjadi contoh serta panutan bagi para siswanya. (TP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>