Dr.H.Edi Siswadi, M.Si : Do’a dan Khasiat Asma-ul Husna

Waktu dan usia tidaklah menjadi sebuah halangan bagi seseorang untuk terus berkarya dalam bidang apapun. Ketekunan serta keuletan dalam mengerjakannya bisa menjadi sebuah karya yang bernilai dan bermanfaat bukan hanya untuk dirinya sendiri melainkan bagi siapa saja tanpa terkecuali. Salah satu diantaranya ialah Dr. H. Edi Siswadi, M.Si., walau kesehariannya disibukan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, termasuk sebagai Katua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung dan sejumlah jabatan keorganisasian lainnya. Namun tetap saja bisa menyisihkan sebagian waktunya untuk menulis. Tulisan-tulisan beliau bukan sekedar catatan biasa seorang birokrat tapi merupakan sejumlah kumpulan Do’a yang saat ini telah diterbitkan menjadi beberapa buah buku bacaan. Sebagai insan yang religius sudah barang tentu mempunyai pegangan ilmu pengetahuan serta wawasan keagamaan yang baik. Untuk itu tidak salah kalau tulisan beliau banyak mengangkat mengenai manfaat isi serta kandungan yang terdapat dalam Al-Qur’an. Seperti dalam salah satu bukunya yang berjudul “ Do’a dan Khasiat Asma-Ul Husna”, merupakan sekumpulan tulisan bagaimana seorang hamba dalam pengabdiannya beribadah kepada Allah SWT, selalu berdoa’a dengan memuja dan memuji Keesaan dan Keagungan Allah SWT lewat nama-nama baik-Nya. Dengan kata lain, nilai-nilai yang terkandung dalam Asma-ul Husna sangat besar manfaatnya bagi umat dalam rangka meningkatkan kualitas pengamalan ajaran Allah SWT dikehidupan spritualnya sehari-hari. Buku-buku bernafaskan ajaran Islam lainnya yang sebelumnya telah ditulis beliau diantaranya: Dzikir dengan Mukjijat ayat-ayat Al-Quran (2010); Panduan Shalat Praktis (2010); Munajat dengan Shalawat Nabi (2010); Dzikir Ismullah Al-Azam (2010); Kumpulan Dzikir dan Do’a Harian (2010); Madzhab Dzikir Para Kekasih Allah (2010);  Dzikir dan Do’a dengan Asma al Husna (2010); Dzikir al-Ma’surat Hasan al-Banna (2010); Dzikir, Tasbih, Tahmid, dan Tahlil (2010); Munajat dangan Shalawat (2010); Munajat dengan Istigfar (2010); Do’a Istigosah dan Munajat dengan Ayat (2010); Wirid Harian Imam Al-Ghozali (2010); Berdo’a dengan Asma–ul Husna (2010); serta Do’a Universal dan Universalitas do’a. Disamping itu, terdapat pula tulisan buah pikiran dan pandangan beliau lainnya tentang politik, birokrasi, dan pemerintahan yang juga diterbitkan dalam sebuah buku berjudul “ God Bureaucracy and Competition : Kunci Penangkal Isu Krusial Globalisasi “ yang baru diterbitkan pada 2012. Dari sejumlah karya tulisnya tentang isi dan kandungan Al-Qur’an, terbukti bahwa beliau tidak hanya sibuk mengurusi hal keduniaan saja, tapi pengabdian hidupnya dicurahkan pula untuk lebih dekat kepada Allah SWT.
Biografi Penulis : Dr.H. Edi Siswadi,M.Si., lahir di Majalengka Jawa Barat, pada 21 Desember 1963. Pada tahun 1976, beliau menamatkan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paniis I, yang kemudian lulus dari Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP) 1 Kuningan pada tahun 1980 dan lulus dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kuningan pada tahun 1983. Selanjutnya beliau meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN)  Bandung dan lulus di tahun 1986, hingga meraih gelar Sarjana Strata (S1) di Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta tahun 1990. Setelah mencapai gelar sarjana, di tahun yang sama beliaupun mendapat kesempatan kerja di Sub. Bagian Banggir dan Diklat bagian kepegawaian Setda Kota Bandung. Kemudian tahun 1991 bertugas sebagai Sekwilmat di Kecamatan Bandung Wetan dan 1994 sebagai Kasubag Perangkat Wilayah. Memasuki tahun 2000 beliau diangkat sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan, hingga pada 2002 menjabat pula sebagai Kepala BAPPEDA dan setahun kemudian menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung selama kurun waktu 4 tahun (2003-2006). Tidak hanya itu, atas dasar ketekunan kinerja dan pengabdiannya di bidang Pemerintahan, pada tahun 2006 Pemerintah Kota Bandung mengangkat beliau untuk menduduki posisi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung dan di tahun 2008 beliaupun sempat menjabat sebagai Pj Walikota Bandung selama tiga bulan. Setelah H. Dada Rosada, M.Si terpilih kembali menjadi Walikota Bandung periode 2008-2013, beliau kembali sebagai Sekda Kota Bandung. Disela-sela kesibukannya mengelola jalannya roda birokrasi pemerintahan kota Bandung. Beliaupun tidak berhenti untuk meneruskan jenjang pendidikan, sampai pada tahun 1998, berhasil pula menyelesaikan program Magister (S2) di Universitas Padjadjaran (Unpad) dan program Doktoral (S3) tahun 2006 di universitas yang sama. Bahkan sempat mengajar sebagai Dosen Pascasarjana Universitas langlangbuana di tahun 2003, Dosen Pascasarjana Universitas AIRS Internasional tahun 2007-2008, Dosen Luar Biasa Pascasarjana Universitas Pasundan dari 2007 hingga sekarang serta Dosen di SESKO AU tahun 2008-2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>